Kondisi ekonomi telah berubah menjadi industrinegara
di dunia. Negara yang paling matang di planet initelah beralih dari ekonomi
pertanian dan manufakturlayanan berbasis ekonomi. terdapat lebih dari 75%
layanan dari industri ekonomi negara di dunia. Layanan ini bergantung pada
Teknologi Informasi & Komunikasi yang didukung oleh fungsi teknologi
informasi lokal dan global atau kombinasi keduanya. Dalam tulisan ini, akan
ditinjau modern metode dan standar layanan teknologi informasimanajemen,
seperti ISO / IEC 20000; munculnya perkembangan pedadogis; dan alternatif
pendekatan untuk penelitian ITSM.
Layanan Informasi Teknologi Manajemen (ITSM) adalah
bagian dari ilmu disiplin Layanan yang berfokus pada penyampaian operasi TI dan
dukungan. TI memainkan peran penting dalam mendukung dan memuaskan kebutuhan
bisnis. Di saat ini paradigma organisasi, TI memberikan layanan penting bagi
organisasi untuk mendukung bisnisnya. Di luar kebutuhan untuk mengelola
teknologi, TI adalah kebutuhan untuk membangun dan menerapkan proses cara kerja
terbaik untuk mengoptimalkan layanan TI. Singkatnya, ITSM adalah sebuah proses
yang detail cara kerja terbaiknya berdasarkan standar ITIL untuk mengaktifkan
dan mengoptimalkan layanan TI dalam memenuhi kebutuhan bisnis dan mengelola
infrastruktur TI baik secara taktis dan strategis.
Teknologi Informasi Infrastructure Library (ITIL)
adalahkerangka praktik terbaik dimaksudkan untuk memfasilitasi penyampaian
layanan TI berkualitas tinggi. ITIL dibangun di sekitar sebuah model-proses
yang berdasarkan pandangan dari pengendalian dan mengelola operasional TI
sering disangkut-pautkan ke W Edwards Deming. The Central Komputer dan Badan
Telekomunikasi (CCTA) Pemerintah Inggris mengembangkan ITIL pada 1980-an dalam
responnya pertumbuhan bergantung pada teknologi informasi. Pemerintah Inggris
mengakui bahwa tanpa praktik standar, instansi pemerintah dan kontrak sektor
swasta secara independen dapat menciptakan praktek manajemen TI mereka senidri
dan berusaha menduplikasinya.
Baca tentang ITSM dan ITIL selengkapnya disini.
Microsoft Operations Framework (MOF) menyediakan
operasional bimbingan yang membantu organisasi untuk melaksanakan ITIL. MOF
terdiri dari beberapa elemen dasar yaitu :
• Proses Model
• Tim Model
• Manajemen Risiko Model
MOF lebih berfokus pada operasi IT dan kurang berfokus
pada tata kelola misalnya, ITIL. Selanjutnya, itu lebih preskriptif dan
spesifik dalam merekomendasikan perubahan untuk meningkatkan proses dan
mendukung proses berubah dengan produk Microsoft. Gambar 4 menunjukkan Model
Proses kuadran MOF dan Fungsi Manajemen layanan yang terkandung dalam
setiapnya.
A. PENELITIAN
AKADEMIK
Meskipun pertumbuhan praktek ITSM signifikan di
industri, tapi hanya sedikit karya ilmiah yang membahas topik ini. Chesbrough
danSpohrer menulis bahwa, "... dalam layanan tidak ada komunitas akademis
dari para sarjana yang berbagi misi umum untuk memahami akar dari bidang
kegiatan ekonomi ini, atau bagaimana untuk memajukannya. Memang, layanan
subbidang yang muncul dalam bentuk terpisah, bidang akademik siled seperti
manajemen,rekayasa, dan ilmu komputer sekolah, tetapi sedikit upaya berharga
untuk mengintegrasikan mereka telah dilakukan ... Jika akademisi, industri, dan
pemerintah dapat membuat agenda bersama penelitian difokuskan pada sektor jasa,
ini tidak perlu terus. Melalui pengembangan terminologi umum danmetode yang
meningkatkan wawasan kita ke dalam domain layanan, kami dapat menyambung
kembali universitas untuk kegiatan ekonomi dominan masyarakat yang lebih luas
yang mendukung mereka. "
Kita bertanya-tanya jika kurangnya karya ilmiah
tentang topik ini karena ini adalah suatu hal baru, dirasakan seluruh bidang
yang terbatas (hanya operasi TI daripada pengembangan perangkat lunak), atau
mungkin metode arus utama melakukan penelitian tidak cocok untuk bidang
penelitian ini. Sementara ketiga yang masuk akal alasan,dua terakhir mungkin
yang paling berlaku.Operasi IT, seperti lengan produksi departemen TI, sebagian
besar telah diabaikan oleh penelitian IT dan pedagogi. Meskipun ada tetapi
pertumbuhan badan penelitian pada aspek terisolasi dari operasi jasa, ada
sedikit atau tidak ada penelitian yang secara eksplisit adalah ITIL ®, ISO /
IEC 20000, atau ITSM terkait. Dengan lebih dari setengah bisnis AS melakukan
proyek-proyek di daerah-daerah, ITSM menawarkan bidang yang cocok untuk
penelitian.
Selanjutnya, sistem informasi manajemen utama (MIS)
penelitian didominasi oleh pendekatan variabel empiris -mengumpulkan data di
kelompok dan organisasi dan menghubungkan variabel dengan model linear
menggunakan metode statistik.Sebuah alternatif untuk pendekatan variabel utama
adalah pendekatan proses. "Pendekatan Proses dasarnya adalah untuk
mempekerjakan proses dan kerangka kerja mereka untuk menggambarkan,
menjelaskan, memprediksi, dan mengubah perilaku. "Contoh klasik dari teori
proses termasuk bagaimana malaria menyebar dari nyamuk ke manusia danTeori
Mendel warisan. Proses pendekatan lebih umum dibandingkan dengan pendekatan
variabel dan termasuk yang paling pendekatan variabel sebagai kasus khusus.
Ada tiga bagian untuk kerangka proses:
(1) set pertimbangan
(2) jaringanmendefinisikan hubungan antara semua
pasangan pertimbangan
(3)set hasil atau konsekuensi dari proses.
ITSM menekankan proses dan sangat dipengaruhi oleh
kualitas manajemen dan rekayasa ulang proses. Sebuah proses didefinisikan
sebagai urutan tergantung waktu kejadian diatur oleh suatu proses kerangka. Van
de Ven dan Poole mengidentifikasi empat jenis dasar proses keluarga teori:
siklus hidup, teleologis,dialektis, dan evolusi. Setiap jenis mengandung teori
individu dan memberikan penjelasan tentang urutan peristiwa yang terungkap
untuk menjelaskan proses perubahan.
Argumen untuk menggunakan pendekatan proses untuk
penelitian ITSM adalah bahwa hal itu akan memfasilitasi penciptaan seperangkat
terfokus paradigma, pemahaman yang lebih besar tentang bagaimana hal-hal
bekerja di IT organisasi, dan hasilnya mudah-mudahan lebih konklusif untuk
penelitian studi. Pendekatan proses memungkinkan untuk perubahan dinamis bahwa
hasil dari lingkungan bisnis yang berubah untuk dipelajari lebih komprehensif
dibandingkan dengan snapshot dari kegiatan ITSM. Proses enelitian teori lebih
berdasarkan ditindak lanjuti dan memiliki dampak dunia yang lebih nyata.
B. INITATIVES
PEDEGOGICAL
Ada dua inisiatif dilakukan untuk transisi ITSM ke
universitas pedagogi: IBM Layanan Sciences, Manajemen dan Rekayasa (SSME) dan
Layanan Teknologi Informasi Forum Manajemen (itSMF). Inisiatif IBM
SSMEmenekankan program sarjana dan pascasarjana yang berfokus pada pengembangan
dan dukungan dari GBS dan internal operasi organisasi TI. Lebih dari 70
universitas di seluruh dunia telah terlibat dengan inisiatif SSME. Inisiatif
kedua sedang dipromosikan melalui IT yang Manajemen Forum Service (itSMF),
industri profesionalKelompok didukung terutama oleh perusahaan teknologi dan
konsultan. itSMF adalah independen, bukan untuk keuntungan, dunia organisasi
yang didedikasikan untuk IT keunggulan operasional dan dukungan dari pengguna
ITIL. Pada bulan Oktober 2006, itSMF-USA menyelenggarakan forum akademik
pertama untuk mempromosikan pengembangan akademik program pascasarjana yang
berkonsentrasi pada IT.
Jadi, seperti halnya sebuah pepatah lama bahwa
"anak-anak pembuat sepatu tetapi tidak memiliki
Sepatu ". Dalam banyak hal, pepatah ini persis
seperti keadaan layanan TI yang terjadi. layanan TI telah membantu memberikan
alat dan proses
mengubah ke setiap bagian dari organisasi selama
beberapa dekade. Namun, layanan TI telah ada selama 40 tahun ditambah dengan
sedikit intern
standardisasi atau definisi proses. Sebagai kondisi
ekonomi dari perubahan dunia dan transisi layanan dukungan TI dari operasi
sebelumnya (misalnya, gaji) untuk lini depan operasi global, kebutuhan untuk
membangun TI profesional standar
Layanan adalah yang terpenting. layanan TI,
berdasarkan yang terjadi praktek terbaik harus melihat ke dalam dan
standarisasi kegiatan sehari-hari
sehingga mereka secara efektif dan efisien dapat
mendukung organisasi.
Referensi :
jurnal international :
Information Technology Service Management : An Emerging Area for Academic Research and Pedagogical Development
Referensi :
jurnal international :
Information Technology Service Management : An Emerging Area for Academic Research and Pedagogical Development
download jurnal : DISINI...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar