Sabtu, 02 April 2016

HUBUNGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DENGAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI/TI


Hi, guys di tulisan kali ini akan membahas tentang hubungan sistem informasi manajeman dengan manajemen layanan sistem informasi/TI. Sebelumnya kalian udah pada tau belum guys apa sih sistem informasi manajemen? Apa sih itu manajemen layanan sistem informasi/TI? Dan apa sih hubungan dari kedua sistem ini? Nah semua itu akan di bahas di tulisan berikut ini guys.. enjoy!

     A.    Sistem Informasi Manajemen

     Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
 
     B.     Manajemen Layanan Sistem Informasi/TI

   ITSM (Information Technology Service Management, Manajemen Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi. Istilah ITSM tidak berasal dari suatu organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa inipun tidak jelas kapan dimulainya.

     ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti TQM, Six Sigma, Business Process Management, dan CMMI). Disiplin ini tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan TI dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.

     ITSM umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.

     Sesuai dengan fungsi ini, ITSM sering dianggap sebagai analogi disiplin ERP pada TI, walaupun sejarahnya yang berakar pada operasi TI dapat membatasi penerapannya pada aktivitas utama TI lainnya seperti manajemen portfolio TI dan rekayasa perangkat lunak.

     C.     Hubungan Sistem Informasi Manajemen dengan 
      Manajemen Layanan Sistem Informasi/TI


     Jadi sistem informasi manajemen dengan manajemen layanan sistem informasi/TI ini memiliki keterkaitan satu sama lain. Jika sistem informasi manajemen adalah sistem perencanaan bagian dari pengendaliannya yang digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi sedangkan Manajemen layanan sistem informasi/TI adalah metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan dan manajemen layanan sistem informasi/TI lah yang pada umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecture, arsitektur operasi).

Baca juga postingan berikut : ITIL dan COBIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar