Hi, guys di
tulisan kali ini akan membahas tentang hubungan sistem informasi manajeman
dengan manajemen layanan sistem informasi/TI. Sebelumnya kalian udah pada tau
belum guys apa sih sistem informasi manajemen? Apa sih itu manajemen layanan sistem
informasi/TI? Dan apa sih hubungan dari kedua sistem ini? Nah semua itu akan di
bahas di tulisan berikut ini guys.. enjoy!
A. Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggris:
management information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari
pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen,
teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah
bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem
informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM
digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada
aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya
digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian
dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya
sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
B. Manajemen Layanan Sistem Informasi/TI
ITSM (Information Technology Service Management, Manajemen Layanan
Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi
(TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI
terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen
TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi. Istilah ITSM tidak
berasal dari suatu organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu dan awal
penggunaan frasa inipun tidak jelas kapan dimulainya.
ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang
sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti
TQM, Six Sigma, Business Process Management, dan CMMI). Disiplin ini tidak
memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis
suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka
kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan TI dan interaksi
antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.
ITSM umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi
(kadang disebut operations architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada
pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak
komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem
komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di
perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula
perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan
pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak
terpapar langsung kepada konsumennya.
Sesuai dengan fungsi ini, ITSM sering dianggap sebagai analogi disiplin
ERP pada TI, walaupun sejarahnya yang berakar pada operasi TI dapat membatasi
penerapannya pada aktivitas utama TI lainnya seperti manajemen portfolio TI dan
rekayasa perangkat lunak.
C. Hubungan Sistem Informasi Manajemen
dengan
Manajemen Layanan Sistem Informasi/TI
Manajemen Layanan Sistem Informasi/TI
Jadi sistem informasi manajemen dengan manajemen layanan sistem
informasi/TI ini memiliki keterkaitan satu sama lain. Jika sistem informasi
manajemen adalah sistem perencanaan bagian dari pengendaliannya yang digunakan untuk
menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional
organisasi sedangkan Manajemen layanan sistem informasi/TI adalah metode
pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada
perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan dan manajemen layanan
sistem informasi/TI lah yang pada umumnya menangani masalah operasional
manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecture, arsitektur
operasi).
Baca juga postingan berikut : ITIL dan COBIT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar